ANALISIS TINGKAT INSIDEN, MASALAH, DAN PERMINTAAN PADA LAYANAN PT. DIRGANTARA INDONESIA DENGAN KERANGKA KERJA ITIL V3

AWANDA PUTRI PERDANA

Informasi Dasar

134 kali
21.04.570
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) merupakan industri pesawat terbang satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Tantangan persaingan global dan revolusi industri 4.0 memicu PT. Dirgantara Indonesia untuk menyediakan layanan berbasis teknologi informasi (TI) kepada semua pelanggannya. Diperlukan manajemen layanan yang baik sehingga perusahaan dapat memberikan layanan berbasis TI secara optimal. Pada aspek operasional, PTDI telah menerapkan manajemen layanan TI yang mencakup proses manajemen insiden, manajemen masalah, dan pemenuhan permintaan. Diperlukan benchmark atau pengukuran terhadap pelaksanaanya sehingga dapat sesuai dengan best practice yang umum digunakan oleh organisasi penyedia layanan TI. Melalui penelitian ini, dilakukan benchmark manajemen layanan pada ketiga proses tersebut mengacu pada best practice ITIL v3, untuk kemudian diberikan rekomendasi peningkatannya. Hasil dari penelitian ini akan memberikan gambaran permasalahan yang ada, pemberian solusi, serta memberikan gambaran rencana implementasi yang sesuai dengan COBIT 5 Implementation dengan menyesuaikan kebutuhan PT. Dirgantara Indonesia.

Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, ITIL v3, COBIT 5 Implementation, Manajemen Insiden, Manajemen Masalah, dan Pemenuhan Permintaan.

Subjek

Information system management
 

Katalog

ANALISIS TINGKAT INSIDEN, MASALAH, DAN PERMINTAAN PADA LAYANAN PT. DIRGANTARA INDONESIA DENGAN KERANGKA KERJA ITIL V3
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AWANDA PUTRI PERDANA
Perorangan
Lukman Abdurrahman, Iqbal Santosa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini