ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA UNTUK PENINGKATAN LAYANAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES (STUDI KASUS : BUKALAPAK)

IRNI DWI ESTIKA

Informasi Dasar

21.04.580
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya penggunaan Internet dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan e-commerce untuk dapat meningkatkan performa dan pelayanannya. Di Indonesia telah banyak e-commerce yang telah dapat diakses dengan mudah melalui platform mobile seperti pada Google Play store. Bukalapak merupakan salah satu salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia dan menduduki peringkat kedua dalam top 10 e-commerce asal Indonesia berdasarkan data price.co.id. Penelitian ini dilakukan untuk mengkategorikan dan menganalisis pandangan pengguna terhadap aplikasi Bukalapak dengan memanfaatkan data ulasan pengguna yang diambil dari kolom komentar/ulasan pada aplikasi Bukalapak. Jumlah data ulasan pengguna Bukalapak yang sangat banyak menyebabkan proses analisis sulit dan kurang efektif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan metode analisis sentiment terhadap ulasan pengguna menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC). Data yang digunakan adalah data hasil web scraping dari aplikasi Bukalapak pada playstore. Kemudian dilakukan sentimen analisis terhadap ulasan, tahapan untuk melakukan sentimen analisis pada penelitian ini adalah data pre-processing, ekstraksi fitur, klasifikasi dan evaluasi. Model yang dihasilkan kemudian dilakukan uji akurasi, precision, recall dan f1-measure.Hasil analisis berupa sentiment positif, negative, dan netral. Dari hasil analisis sentiment menggunakan Naïve Bayes Classifier (NBC) diperoleh nilai akurasi sebesar 83%, nilai Precision 82%, recall 80,33%, f1-score 80,66 %. Hasil analisis sentiment kemudian divisualisasikan menggunakan wordcloud untuk melihat kata-kata yang sering muncul pada masing-masing sentimen. Dari hasil penelitian ini, sentimen positif dapat dijadikan acuan untuk mempertahankan kualitas layanan dan hasil sentimen negatif dapat digunakan sebagai bahan evalusi dalam peningkatan layanan aplikasi Bukalapak

Kata Kunci— E-commerce, ulasan, analisis sentimen, Naïve Bayes

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA UNTUK PENINGKATAN LAYANAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES (STUDI KASUS : BUKALAPAK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRNI DWI ESTIKA
Perorangan
Irfan Darmawan, Oktariani Nurul Pratiwi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini