Tokopedia adalah mall online yang memungkinkan penjual untuk membuka toko
nya dan melakukan penjualan dengan mudah tanpa harus memikirkan sewa toko dan
bayar gaji pegawai. Mengedepankan keamanan transaksi, Tokopedia menawarkan
sebuah pengalaman jual beli online yang aman, mudah dan nyaman. adanya suatu
penurunan pengunjung Tokopedia dari mulainya adanya brand ambassador BTS yang
dimana menduduki K-pop terkenal dan banyak penghargaan namun pada saat Tokopedia
bekerja sama dengan BTS data Q4 2019 pada bulan Oktober hingga Q2 2020 serta
brand image yang dibangun melalui komunikasi pemasaran juga dapat berdampak
kepada minat para konsumen Tokopedia. Penelitian ini terdapat tiga variabel dengan
variabel independent yaitu Brand Ambassador (X1), dan Brand Image (X2) serta variabel
dependen Minat Beli (Y) yang bertujuan untuk menguji apakah brand ambassador dan
brand image berpengaruh terhadap minat beli pengguna Tokopedia di DKI Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dan kausal. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah
data primer dan sekuder. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna Tokopedia di
DKI Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling
jenis kuota sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu 100 responden di DKI Jakarta
yang menggunakan Tokopedia. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan analisis jalur. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan bahwa variabel brand
ambassador, brand image, dan minat beli pengguna Tokopedia di DKI Jakarta berada
pada kategori baik. Hasil analisis jalur juga menunjukan bahwa brand ambassador tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan brand image berpengaruh terhadap
minat beli.
Kata Kunci: brand ambassador, brand image, minat beli