Cashless Payment merupakan suatu metode pembayaran non-tunai. Metode pembayaran tersebut sudah diterapkan pada aplikasi perdangan elektronik (e-commerce). Dalam aplikasi e-commerce dapat menerapkan cashless payment dengan integrasi payment gateway. Payment Gateway adalah suatu jalur pembayaran non tunai yang dimana melakukan transaksi secara online dalam aplikasi. Selain aplikasi e-commerce, payment gateway dapat diintegrasikan pada aplikasi pembayaran lainnya seperti pembayaran keterlambatan pengembalian buku di Open Library Telkom University.
Proses pembayaran denda saat ini masih memilki kendala yaitu peminjam tidak bisa melakukan secara cash melainkan cashless. Dengan aplikasi yang sudah terintegrasi payment gateway, peminjam dapat melakukan bayar denda secara mandiri atau disebut dengan self payment. Self payment tersebut dilakukan tanpa kontak secara langsung dengan admin. Sebagai konfirmasi ketika sudah selesai melakukan pembayaran dengan dikirimkan email kepada user melalui Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), selain itu transaksi yang sudah dilakukan oleh user akan tersimpan dalam database sebagai riwayat pembayaran.
Aplikasi pembayaran keterlambatan buku dilakukan pengujian nilai delay dari client menuju server pada payment gateway dan utillization resource dalam penggunaan CPU, Memory dan Network. Pengujian aplikasi terhadap delay menghasilkan 15.43 ms pada satu device dan 101.29 ms pada dua device, nilai pengujian sudah memenuhi ITU-T G.1010 dalam proses transaksi. Sedangkan utillization resource CPU sebesar 7%, Memory 10% dan Network I/O 151.5 Kbps
Kata Kunci: Cashless Payment, Payment Gateway, SMTP, Open Library, Delay, Utillization Resource