Penggunaan Total Quality Management (TQM) sebagai pengukur kinerja
manajerial sudah semakin luas digunakan. Hal ini terjadi karena banyaknya
kesuksesan dari pengimplementasian TQM dalam meningkatkan kinerja manajerial
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antara TQM dengan 4 Subvariabel yang diteliti, yaitu: obsesi terhadap kualitas,
pendidikan dan pelatihan, keterlibatan dan pemberdayaan pegawai dan kerjasama
tim terhadap kinerja manajerial.
Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Data yang
digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 40 pegawai Dinas
Perhubungan Kota Bandung. Model analisis data yang digunakan adalah regresi
berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah validitas data dan uji
reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji
heteroskedasititas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis yang digunakan
adalah uji signifikan parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F), dan adjusted R
square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TQM berpengaruh secara simultan
terhadap kinerja manajerial. Namun hanya beberapa sub variable dalam TQM yang
berpengaruh secara parsial.