Melon (Melody Online) Indonesia merupakan salah satu perusahaan digital entertainment yang berada di Indonesia, perusahaan tersebut menyediakan layanan musik digital. Seperti yang diketahui bahwa music streaming market terus meningkat sesuai dengan perkembangan zaman yang terus berkembang. Melihat fenomena yang ada, masih rendahnya awareness dan performance pada Langit Musik serta ditemukannya celah penelitian antara brand awareness dan brand reputation pada penelitian terdahulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh brand awareness terhadap brand trust, variabel brand trust terhadap brand reputation, variabel brand reputation terhadap brand performance, variabel brand trust terhadap brand performance, variabel brand awareness terhadap brand performance. Juga pada variabel brand awareness terhadap brand performance secara tidak langsung dan variabel brand awareness terhadap brand reputation secara tidak langsung.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif serta termasuk ke dalam penelitian konklusif dengan tipe penelitian kausal. Pengumpulan data dilakukan pada pengguna layanan Langit Musik. Penelitian ini menggunakan skala ordinal dan terdapat 24 butir indikator pertanyaan, hipotesis yang terdapat pada penelitian ini diuji dengan menggunakan metode peneltian structural equation modeling (SEM) yang diolah menggunakan software LISREL 8.8.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan brand awareness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap varaiabel brand trust dan brand performance, variabel brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel brand reputation, variabel brand reputation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel brand performance, variabel brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand performance, serta variabel brand awareness berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap brand performance, variabel brand awareness berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap brand reputation.
Dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis pada penelitian ini dapat diterima, dimana variabel satu dapat mempengaruhi variabel lainnya. Kemudian terdapat saran bagi perusahaan di penelitian ini, dimana perlu meningkatkan promosi, kepercayaan, dan keandalan pada layanan agar dapat meningkatkan performa layanan Langit Musik. Lalu untuk peneliti berikutnya diharapkan untuk menambahkan variabel purchase decisioni setelah variabel brand performance.