Kurangnya pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, dan perluasan networking dapat menjadi faktor penghambat dalam meraih keberhasilan usaha. Sementara itu, peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangatlah penting untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, perluasan networking terhadap keberhasilan usaha pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memakai instrumen kuesioner secara online. Melalui metode penelitian survei kepada 61 responden sebagai sampel pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung.
Penelitian ini menghasilkan data bahwa pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, dan perluasan networking secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Namun, secara parsial pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan, pengembangan pemasaran dan perluasan networking secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi pihak pemerintah dan instansi formal dan informal yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan evaluasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa melakukan pendidikan, pemasaran, dan networking dalam menjalani usahanya serta penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi penelitian selanjutnya agar bisa semakin membawa dampak baik bagi siapapun.
Kata kunci: keberhasilan usaha, pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, perluasan networking, UMKM