Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengembangan Pemasaran, dan Perluasan Networking terhadap Keberhasilan Usaha (Pada UMKM Kuliner Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung)

MUHAMMAD RIDHA RACHMAN

Informasi Dasar

21.04.990
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kurangnya pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, dan perluasan networking dapat menjadi faktor penghambat dalam meraih keberhasilan usaha. Sementara itu, peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangatlah penting untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, perluasan networking terhadap keberhasilan usaha pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memakai instrumen kuesioner secara online. Melalui metode penelitian survei kepada 61 responden sebagai sampel pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menghasilkan data bahwa pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, dan perluasan networking secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Namun, secara parsial pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan, pengembangan pemasaran dan perluasan networking secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi pihak pemerintah dan instansi formal dan informal yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan evaluasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa melakukan pendidikan, pemasaran, dan networking dalam menjalani usahanya serta penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi penelitian selanjutnya agar bisa semakin membawa dampak baik bagi siapapun. Kata kunci: keberhasilan usaha, pendidikan kewirausahaan, pengembangan pemasaran, perluasan networking, UMKM

Subjek

Entrepreneurship
 

Katalog

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengembangan Pemasaran, dan Perluasan Networking terhadap Keberhasilan Usaha (Pada UMKM Kuliner Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung)
 
ix, 135p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIDHA RACHMAN
Perorangan
Deden Syarif Hidayatullah, Maria Apsari Sugiat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini