PENGARUH VIRAL MARKETING TOKOPEDIA MELALUI TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION DI TOKOPEDIA DENGAN CONSUMER’S ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

I KETUT JEDY UMBARA

Informasi Dasar

21.04.1027
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pengaruh viral marketing (informativeness, entertainment, irritation, source credibility) tokopedia melalui tiktok terhadap purchase intention di tokopedia dengan consumer’s attitude sebagai variabel intervening. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan bagaimana informativeness, entertainment, irritation,dan source credibility konten viral marketing tokopedia di tiktok serta consumer’s attitude dan purchase intention di tokopedia berdasarkan konten viral marketing tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh informativeness, entertainment, irritation,dan source credibility terhadap consumer’s attitude dan purchase intention dan pengaruh consumer’s attitude terhadap purchase intention serta bagaimana pengaruh informativeness, entertainment, irritation,dan source credibility terhadap purchase intention yang dimediasi oleh consumer’s attitude. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan sampel non probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jenis Purposive Sampling. Jumlah responden minimal dalam penelitian ini adalah160 orang dan yang berhasil didapatkan adalah sebanyak 180 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis PLS-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel informativeness, entertainment, irritation, source credibility, consumer’s attitude, dan purchase intention secara keseluruhan berada dalam kategori baik karena secara keseluruhan responden menyatakan setuju pada variabel informativeness, entertainment, source credibility, consumer’s attitude, purchase intention dan tidak setuju khusus variabel irritation. Hasil PLS-SEM menunjukan bahwa informativeness, entertainment, source credibility terdapat pengaruh signifikan pada consumer’s attitude dan terdapat pengaruh signifikan antara consumer’s attitude, informativeness, dan entertainment terhadap purchase intention. Irritation dan source credibility tidak berpengaruh signifikan pada purchase intention. Irritation tidak berpengaruh signifikan pada consumer’s attitude. Consumer’s attitude memedisi hubungan antara informativeness, entertainment, source credibility terhadap purchase intention, namun tidak memediasi hubungan irritation dengan purchase intention.

Kata Kunci: Viral Marketing, Informativeness, Entertainment, Irritation, Source Credibility, Consumer’s Attitude, Purchase Intention

Subjek

Marketing - viral
 

Katalog

PENGARUH VIRAL MARKETING TOKOPEDIA MELALUI TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION DI TOKOPEDIA DENGAN CONSUMER’S ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
xiii, 156p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I KETUT JEDY UMBARA
Perorangan
Devilia Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini