Analisis Sentimen Level Aspek pada Ulasan Produk Kecantikan Berbahasa Indonesia Menggunakan Random Forest

ANGGITHA YOHANA CLARA

Informasi Dasar

245 kali
21.04.1117
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kosmetik dan produk kecantikan (termasuk skincare) adalah produk yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan menambah daya tarik tubuh. Suatu produk dapat memberikan sentimen beragam pada penggunanya, baik sentimen positif atau negatif. Banyak konsumen produk kecantikan yang berbagi ulasan yang dapat membantu konsumen lain untuk melakukan seleksi pada produk yang dipertimbangkan untuk dibeli dan untuk memberikan feedback pada brand produk tersebut. Banyaknya ulasan yang ada masih berbanding terbalik dengan minimnya identifikasi pandangan atau sentimen konsumen terhadap aspek produk kecantikan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan beberapa kategori produk kecantikan seperti toner, serum, sun protection, dan exfoliator. Analisis yang dilakukan berbasis multiaspek untuk menentukan sentimen terhadap aspek dari produk kecantikan berdasarkan ulasan pengguna. Analisis ini ditujukan untuk membantu baik pengguna atau produsen produk kecantikan untuk mengetahui pandangan konsumen. Dalam penelitian ini, permasalahan diselesaikan dengan melakukan analisis sentimen menggunakan metode Random Forest dan ekstraksi fitur TF-IDF dan n-gram. Model terbaik penelitian ini menghasilkan akurasi sebesar 85.32%, precision sebesar 84.66%, recall sebesar 65.45%, dan F1-Score sebesar 67.35%.

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Analisis Sentimen Level Aspek pada Ulasan Produk Kecantikan Berbahasa Indonesia Menggunakan Random Forest
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGITHA YOHANA CLARA
Perorangan
Adiwijaya, Mahendra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini