Di masa saat ini, perkembangan teknologi berjalan dengan pesat dan saat ini telah banyak
pengguna game konvensional beralih ke digital. Banyaknya anak-anak hingga remaja saat ini
terlalu sering bermain game dan tidak memperdulikan pembelajaran terutama
pembelajaran tentang kebudayaan. Kebudayaan adalah suatu lambang kebanggaan dari
sebuah adat atau suku di suatu daerah. Dari sana, kita dapat melestarikan dan mengetahui
apa saja yang dimiliki suatu adat atau suku di Indonesia yang berbeda-beda.
Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan anak-anak dan
remaja terhadap kebudayaan suatu daerah di Indonesia. Penulis memilih anak usia 13 – 25
tahun sebagai sampel pengguna game, karena kebudayaan telah diajarkan dari sekolah
dasar.
Hasil penerapan game ini diharapkan dapat membuat anak – anak semangat dalam
mempelajari lagi tentang kebudayaan di Indonesia dengan dengan perasaan senang dan
tidak merasa bosan. Kata kunci: Aplikasi Permainan, Wawasan, Indonesia