UMKM Bu Ani Craft merupakan sebuah UMKM bidang kerajinan yang
memproduksi dua jenis produk utama yaitu tas dan vas. UMKM ini memiliki
empat orang karyawan yang posisinya semua sebagai operator. Selama lebih dari
6 tahun berdiri UMKM Bu Ani Craft tidak mengalami pertumbuhan yang
signifikan. Hal tersebut terjadi dikarenakan pemilik berperan sebagai “One Man
Show “ sehingga semua pekerjaan diluar produksi dikerjakan sendiri oleh pemilik.
Sering terjadi tidak terpenuhinya permintaan konsumen, karena pemilik tidak
dapat memperkirakan kapasitas produksi dan permintaan pasar.
Dilihat dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan perubahan strategi untuk
mengatasi hal tersebut. Untuk mengetahui strategi yang sesuai maka dilakukan
analisis SWOT pada UMKM. Dalam analisis SWOT diperlukan identifikasi faktor
internal dan eksternal UMKM, lalu dilakukan pembobotan pada setiap faktor
internal dan eksternal. Setela dilakukan analisis SWOT maka dihasilkan skor pada
setiap faktor strategi. Untuk menentukan strategi SWOT terpilih digunakan matrik
internal-eksternal dan matriks TOWS. Sehingga didapatkan strategi yang sesuai
dengan kondisi UMKM yaitu strategi WO (kelemahan-peluang). Strategi tersebut
mengusulkan perancangan desain organisasi yaitu struktur organisasi baru pada
UMKM.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan struktur organisasi baru yang telah
disesuaikan dengan strategi dan kebutuhan UMKM. Pada struktur oganisasi baru
yang telah dirancang didapatkan penambahan divisi baru yang dibutuhkan UMKM
Bu Ani Craft.