Perancangan Proses Bisnis Usulan Pemeriksaan PCR di Laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)

FATYA HAFIZHA AULIA RAHMA

Informasi Dasar

21.04.1166
338.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) adalah salah satu rumah sakit di Balikpapan yang memiliki strategi dan manajemen yang baik untuk meningkatkan daya saing dan menjaga kualitas layanan yang diberikan melalui pelaksanaan proses bisnis yang terukur dan terarah. Salah satu fasilitas yang tersedia di rumah sakit ini adalah Laboratorium PCR. PCR merupakan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi adanya material genetik dari suatu virus yang juga dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19 dengan cara mendeteksi material genetik virus Corona. Terhitung sejak bulan Mei sampai dengan bulan September, jumlah pasien yang melakukan pemeriksaan PCR di Laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan meningkat secara signifikan setiap bulannya. Namun, terdapat permasalahan pada proses pemeriksaan PCR ini, yaitu lamanya waktu proses yang dibutuhkan dari awal proses registrasi hingga hasil pemeriksaan diberikan kepada pasien. Permasalahan tersebut disebabkan oleh sumber daya manusia, teknologi, dan fasilitas yang terbatas dan tidak dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya perbaikan proses bisnis pemeriksaan PCR dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan cara menganalisis setiap subproses yang terdapat pada proses bisnis tersebut dengan menggunakan streamlining tools untuk mengetahui subproses yang termasuk ke dalam subproses kritis. Dengan menggunakan metode ini, perusahan juga dapat mengetahui performansi perusahaannya yang dapat dilihat dari efisiensi waktu siklus pada proses bisnisnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh total waktu siklus keseluruhan pada proses bisnis eksisting selama 1810 menit dengan tingkat efisiensi waktu siklus sebesar 61,66%. Setelah dilakukan perancangan perbaikan pada proses bisnis eksisting, diperoleh total waktu siklus keseluruhan pada proses bisnis usulan selama 792 menit dengan tingkat efisiensi waktu siklus yang meningkat menjadi 80,30%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa proses bisnis usulan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Subjek

BUSINESS PROCESS
 

Katalog

Perancangan Proses Bisnis Usulan Pemeriksaan PCR di Laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)
 
xvii, 140p.: ill.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATYA HAFIZHA AULIA RAHMA
Perorangan
Endang Chumaidiah, Wawan Tripiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini