PENGGUBAHAN RUANG DIGITAL SEBAGAI RUANG PAMER DALAM PAMERAN MANIFESTO VII PANDEMI DAN POETICAL VECTOR

HAIKAL AL FARISI

Informasi Dasar

72 kali
21.04.1196
700.105
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penyelenggaraan pameran secara virtual merupakan salah satu metode memamerkan karya yang marak sejak pandemi Covid-19 melanda dunia di tahun 2020. Situasi ini tidak memungkinkan pihak penyelenggara pameran untuk mendatangkan massa untuk menghadiri pameran yang diselenggarakan secara konvensional dalam ruang pamer fisik. Maka dari itu, pameran virtual menjadi sebuah pilihan agar kegiatan pameran tetap dapat terselenggara di tengah situasi ini. Untuk menghadirkan sebuah pengalaman pameran virtual yang imersif, penyelenggara pameran merancang pameran virtual ini sedemikian rupa, sehingga pengunjung tetap dapat merasakan suasana pameran sebagaimana sebuah pameran seni pada umumnya. Bagaimana penyelenggara pameran mengembangkan ruang pamernya, dan menyajikan karya-karya seniman secara virtual menjadi poin penting dalam penyelenggaraan pameran virtual ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disajikan dengan penulisan kritik seni model Feldman. Adapun sumber data yang digunakan penulis berasal dari rilis pers resmi pameran terkait, dan observasi langsung pada pameran virtual yang menjadi objek penelitian. Data-data ini kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Sementara untuk landasan teori yang digunakan adalah teori pengalaman estetik John Dewey, user interface dan user experience Peter Morville, dan bentuk ruang pamer seni Brian O’Doherty. Pameran virtual harus bisa menghadirkan sebuah pengalaman sebagaimana pameran konvensional kepada pengunjungnya. Namun, interaksi antara manusia dengan komputer tentu akan menghadirkan pengalaman yang berbeda pula. Oleh karena itu, penyelenggara pameran harus mengembangkan sebuah ruang pamer virtual yang dapat memenuhi kebutuhan display karya yang dipamerkan, sekaligus memberikan pengalaman pameran seni kepada pengunjungnya, sebagaimana pada pameran konvensional. Metode yang digunakan dalam mengembangkan ruang pamer ini bisa beragam, namun harus tetap mudah dimengerti oleh setiap pengguna sebagai pengunjung pameran.

Kata kunci: Pameran Seni, Pameran Virtual, Ruang Pamer, Galeri Daring, Seni Rupa dan Internet.

Subjek

ART AND TECHNOLOGY
 

Katalog

PENGGUBAHAN RUANG DIGITAL SEBAGAI RUANG PAMER DALAM PAMERAN MANIFESTO VII PANDEMI DAN POETICAL VECTOR
 
ix, 52p.: ill.; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAIKAL AL FARISI
Perorangan
Aulia Ibrahim Yeru, Didit Endriawan
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Seni Rupa
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini