ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) PADA TIKET.COM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN MODIFIKASI UTAUT 2

WITA NURSANDI

Informasi Dasar

138 kali
21.04.1224
658.910.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tiket.com merupakan E-commerce yang dinaungi oleh perusahaan PT. Global Tiket Network, yang didirikan pada bulan November 2011 yang fokus membuat layanan website untuk menyediakan layanan penjualan tiket online untuk semua kalangan masyarakat pada saat itu. Dalam perkembangannya, Tiket.com diakuisisi oleh perusahaan Blibli.com untuk bisa memperbesar bisnisnya, dan diharapkan bisa bertumbuh secara eksponensial untuk bisa mengalahkan para kompetitornya. Hingga saat ini, Tiket.com sudah berhasil menjadi layanan Online Travel Agent (OTA) kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia karena berhasil menjadi agent travel yang menggandeng banyak kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku konsumen terhadap penggunaan layanan website Tiket.com di Indonesia dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) yang sudah dimodifikasi. Faktor-faktor ini terdiri dari Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, Habit dan Website Quality sebagai variabel utama serta Age dan Gender sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan persepsi pelanggan terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antara variabel berdasarkan hipotesis di dalam penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner online melalui Google Form. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 400 responden yang berdomisili di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam faktor dalam model Modifikasi UTAUT 2 yang mempengaruhi minat perilaku (Beavioral Intention) dalam penggunaan layanan website Tiket.com. Faktor-faktor dari pengaruh tertinggi hingga terendah berturut-turut berdasarkan path coefficient adalah Social Influence, Habit, Website Quality, Hedonic Motivation, Price Value, dan Performance Expectancy. Sedangkan yang berpengaruh positif terhadap Use Behavior ada dua yaitu Behavioral Intention dan Habit. Dalam faktor moderasi, Gender tidak memoderasi pengaruh faktor apapun baik terhadap Behavioral Intention maupun Use Behavior, sedangkan moderasi Age hanya berpengaruh kepada Price Value terhadap Behavioral Intention saja. Model ini dapat digunakan oleh perusahaan Tiket.com untuk bisa membuat keputusan untuk mempertahankan minat pengguna untuk bisa terus menggunakan layanan website Tiket.com dengan memperhatikan faktor-faktor yang dipengaruhi dan indikatornya. Selain itu, model modifikasi UTAUT dalam penelitian ini memiliki kekuatan penjelasan yang kuat baik perhitungan dalam faktor Behavioral Intention (68,14%) maupun Use Behavior (63,97%) yang termasuk dalam kategori “Large Godness of Fit”, sehingga untuk penelitian selanjutnya bisa memakai penelitian ini sebagai acuan dengan melakukan penelitian di bidang Online Travel Agent (OTA) dengan objek yang berbeda. Kata Kunci : Modifikasi UTAUT 2, Online Travel Agent (OTA), Website, Tiket.com

Subjek

MANAGEMENT TRAVEL
 

Katalog

ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) PADA TIKET.COM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN MODIFIKASI UTAUT 2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WITA NURSANDI
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini