Penelitian ini untuk memahami adakah efektivitas seberapa besar efektivitas antara
komunikasi terapeutik terhadap customer engagement melalui aplikasi Alodokter. Penelitian
ini memakai variabel bebas atau komunikasi terapeutik yaitu mendengarkan, pertanyaan
terbuka, mengulangi, memberikan informasi dan menyimpulkan. Variabel terikat atau
customer engagement yaitu enthusiasm, attention, absorption, interaction, dan identification.
pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Populasi pada penelitian ini adalah responden berjumlah 100 responden dengan teknik
random sampling. Teknik analisis data yang digunakan pengujian hipotesis, pengujian
hipotesis dikerjakan dengan uji t, didapatkan nilai t hitung sebesar (5,654) > t tabel (1,984)
maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya variabel komunikasi (X) memiliki efektivitas
terhadap variabel customer engagement (Y). Nilai koefisien determinasi (r) sebesar 28,94%
maka dapat dimaknai bahwa terdapat efektivitas komunikasi melalui aplikasi mobile
Alodokter terhadap customer engagement namun tidak besar hanya 28,94% dan sisanya
71,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang membentuk customer engagement. Nilai koefisien
korelasi sebesar 0,538 yang artinya komunikasi terapeutik melalui aplikasi mobile Alodokter
memiliki hubungan yang positif dan signifikan namun rendah terhadap customer
engagement.
Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Customer Engagement, Alodokter.