PENGARUH PRESENTASI DIRI TERHADAP ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA (Studi pada Internship Participant di Program Internship DDB Telkom)

NABILAH NARARYA

Informasi Dasar

21.04.1276
153.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai salah satu program magang dengan internship participant yang berasal dari berbagai latar belakang daerah, asal perguruan tinggi, jurusan, dan tahun angkatan, kemampuan dalam menunjukkan keterbukaan untuk mampu menyesuaikan diri di lingkungan tempat belajar dan bekerja menjadi hal yang penting karena tidak semua peserta memiliki kemampuan tersebut dan hal ini dapat berdampak pada penyesuaian dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu keterbukaan mahasiswa melalui presentasi diri, tingkat adaptasi sosial yang dimiliki, dan pengaruh presentasi diri terhadap adaptasi sosial yang dialami selama menjalankan program internship di Direktorat Digital Business Telkom. Melalui metode kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik analisa regresi sederhana antara presentasi diri dan adaptasi sosial, respons total sampel 90 orang mahasiswa/i internship participant dikaji lebih dalam pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan ditemukan bahwa mahasiswa menunjukkan presentasi diri sebesar 72.27% dengan aspek dominan pada ingratiation. Adapun nilai adaptasi sosial adalah sebesar 76.44%. Berdasarkan hasil analisis regresi, uji hipotesis (uji-t) pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung 5.597 > ttabel 1.987 dan besaran pengaruhnya sebesar 26.3%. Hal ini dapat diartikan bahwa mahasiswa/i internhip participant Program Internship telah memiliki keterbukaan dalam menunjukkan presentasi diri. Selain itu, mahasiswa memiliki sikap sangat adaptif yang ditandai dengan kemampuan mengatasi kecemasan dan stres. Adapun pengaruh presentasi diri terhadap adaptasi sosial menunjukkan signifikansi positif dengan besaran yang rendah. Dapat disimpulkan bahwa keterbukaan diri mahasiswa/i internship participant di Program Internship DDB Telkom dalam mencapai kesan dari orang lain merupakan salah satu aspek kecil yang mempengaruhi kemampuan penyesuaian diri di tempat individu belajar dan bekerja. Sementara itu, masih terdapat aspek lain yang tidak tergali di dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat memberikan gambaran bagi institusi mengenai keterbukaan diri dan penyesuaian yang dilakukan mahasiswa di lingkungan tempat belajar dan bekerja.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Presentasi Diri, Adaptasi Sosial

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH PRESENTASI DIRI TERHADAP ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA (Studi pada Internship Participant di Program Internship DDB Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILAH NARARYA
Perorangan
Maulana Rezi Ramadhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini