Pengaruh Relationship Marketing dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome (Studi Kasus Pada Pengguna Indihome di Kota Bogor)

GILANG RAYHAN FADILLA

Informasi Dasar

21.04.1291
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin berkembang pesat dengan ditandainya pertumbuhan pengguna internet yang meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia dipengaruhi oleh persebaran infrastruktur atau broadband yang berada di Indonesia. Dengan adanya persebaran infrastruktur atau broadband, peluang perusahaan jasa telekomunikasi dalam menyediakan layanan fixed broadband pun meningkat. Salah satu perusahaan layanan fixed broadband di Indonesia yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dengan layanan broadband bernama Indihome. Jumlah pengguna terbesar Indihome salah satunya berada di Wilayah Kota Bogor. Akan tetapi, jumlah pengguna Indihome di Kota Bogor mengalami fluktuatif pada tahun 2020. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat pelanggan yang tidak loyal terhadap produk Indihome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan service quality terhadap loyalitas pelanggan Indihome. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan skala likert sebagai pengukurannya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Indihome di Kota Bogor dan sampel penelitian berjumlah 400 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa relationship marketing dan service quality secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis melalui SPSS version 23, variabel relationship marketing memperoleh nilai t-hitung (7,075) > t-tabel (1,966) dan variabel service quality memperoleh nilai t-hitung (8,716) > t-tabel (1,966). Selain itu, variabel relationship marketing dan service quality secara simultan memperoleh nilai F-hitung (345.019) > F-tabel (3.018). Hal ini menunjukan bahwa relationship marketing dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Subjek

Marketing- management
 

Katalog

Pengaruh Relationship Marketing dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome (Studi Kasus Pada Pengguna Indihome di Kota Bogor)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG RAYHAN FADILLA
Perorangan
Cut Irna Setiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini