Di Indonesia bahkan di seluruh dunia saat ini sedang mengalami pandemi virus Corona. Sekitar awal
bulan Maret kasus covid-19 semakin bertambah buruk di Indonesia, bahkan hingga saat ini kasus terus
semakin meningkat. Pandemi ini sangat mengganggu sistem perekonomian Indonesia bahkan dampak virus corona dirasakan oleh seluruh sektor usaha. Hasil yang akan didapatkan setelah melakukan adanya penelitian profil konsumen ini adalah H’ynunda Collection dapat menerapkan apa saja yang diinginkan dan diharapkan konsumen, agar dapat dijadikan solusi dan pedoman usaha kedepannya.
Penelitian ini akan merumuskan profil konsumen dari segmen pelanggan usaha konveksi H’yunda
Colllection dengan menggunakan pendekatan Value Propositon Design dari Alexander Osterwalder. Proses analisis dilakukan dengan mengidentifikasi customer jobs, customer pains, dan customer gains. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi tersruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian yang telah peneliti lakukan adalah hal yang dilakukan oleh konsumen yaitu mencari bahan sendiri, mencari kualitas yang baik. Adapun hal-hal yang dapat mengganggu konsumen antara lain yaitu harga jasa H’yunda yang tidak stabil saat pandemi, lead time yang bermasalah. Lalu, hal yang menjadi keuntungan konsumen antara lain harga yang sesuai dengan kualitas, kualitas yang sangat baik.
Kata kunci: Profil Konsumen, Value Proposition Design, Konveksi