ANALISIS KESADARAN HALAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH SERTIFIKASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK HALAL WARDAH DI KABUPATEN PEMALANG

FERICA APRILIA

Informasi Dasar

136 kali
21.04.1304
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wardah merupakan kosmetik yang bersertifikasi halal dari LPPOM MUI dan pionir kosmetik halal di Indonesia sejak tahun 1995. Kabupaten Pemalang dengan persentase penduduk wanita lebih banyak, memiliki tingkat minat beli kosmetik Wardah yang cukup tinggi. Wardah diminati karena faktor kehalalannya, dengan sertifikasi halal yang dimiliki Wardah membuat konsumen memiliki minat beli akan produk Wardah. Dengan memilih kosmetik bersertifikasi halal, konsumen memiliki kesadaran akan produk kosmetik halal. Mempertimbangkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal terhadap minat beli Wardah melalui kesadaran halal sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analisis data analisis jalur (path analysis). Pengambilan sample dilakukan dengan metode non probability sampling dengan jenis incidental sampling. Terdapat 100 responden yang merupakan warga kabupaten Pemalang dan memiliki minat untuk membeli kosmetik Wardah. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, variabel setifikasi halal berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 85,89%, variabel minat beli berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata 80,49%, dan variabel kesadaran halal berada pada kategori baik dengan persentase 81,64%. Berdasarkan hasil analisis jalur, pengaruh langsung yang diberikan oleh variabel sertifikasi halal terhadap minat beli sebesar 30% dan pengaruh tidak langsung yang diberikan variabel sertifikasi halal terhadap minat beli melalui kesadaran halal sebesar 44,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Wardah memanfaatkan koran dan majalah digital dibandingkan dengan media cetak sebagai sarana penyebaran informasi dan pemahaman tentang kosmetik halal Wardah kepada konsumen dengan konten yang diulas secara lengkap dan menarik, selaras dengan kondisi saat ini dimana konsumen mayoritas memilih untuk memakai media digital sebagai sarana pencarian informasi dan pengetahuan. Kata kunci: Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Minat Beli

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

ANALISIS KESADARAN HALAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH SERTIFIKASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK HALAL WARDAH DI KABUPATEN PEMALANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERICA APRILIA
Perorangan
Trisha Gilang Saraswati
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini