PENGARUH FINANCIAL PLANNING DAN FINANCIAL ATTITUDE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PADA SAAT COVID-19 DI KOTA BANDUNG

PUTRI AINUN AFRIANI

Informasi Dasar

148 kali
21.04.1316
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Covid-19 semakin menyebar luas di Indonesia salah satunya di kota Bandung dan berdampak pada segala bidang khususnya pada bidang ekonomi. Covid-19 berdampak pada semua golongan salah satunya pada generasi Z. Generasi Z sering melakukan – Fomo Spending atau bisa disebut membuang-buang uang terlalu banyak hanya untuk memenuhi kesenangangan mereka. Tanpa disadari keuangan generasi Z sangat rentan terkena ‘krisis’ yang di akibat oleh gaya hidup konsumtif ataupun pengelolaan yang salah. Dampaknya, generasi Z tidak menyiapkan untuk dana darurat seperti contohnya kondisi covid-19 saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perencanaan keuangan, sikap keuangan dan perilaku konsumsi Generasi Z pada pandemi Bandai Covid-19 secara simultan atau parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe asosiasi deskriptif dan kontingen. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel non probabilistik.Jumlah responden di Kota Bandung sebanyak 400 orang generasi Z berusia antara 25 sampai 25 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan pada analisis deskriptif terhadap financial planning sebesar 84,92% masuk kedalam kategori sangat baik, financial attitude sebesar 81,35% masuk kedalam kategori sangat baik untuk perilaku konsumtif sebesar 80,88% termasuk kedalam kategori baik. Secara parsial, financial planning dan financial attitude berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pada saat Covid-19 di Kota Bandung. Secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel financial planning dan financial attitude signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pada saat Covid-19 di Kota Bandung.

Subjek

FINANCIAL PLANNING
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL PLANNING DAN FINANCIAL ATTITUDE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PADA SAAT COVID-19 DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI AINUN AFRIANI
Perorangan
Budi Rustandi Kartawinata
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini