Perkembangan media sosial dalam perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam berbagai sektor kehidupan. salah satunya yaitu sektor pariwisata. Sala hsatu kota yang banyak dikunjungi sejak dulu adalah kota Bandung. Namun kota Bandung masih mempunyai masalah dalam pengembangan pariwisata. Pengembangan pariwisata di kota Bandung hinga saat ini belum terintegrasi antara berbagai pihak pemangku kepentingan (stakeholder) bidang pariwisata. Stakeholder dalam kepariwisataan yaitu semua unsur pelaku wisata. Akun Instragram @Jarambahbandung termasuk dalam kategori stakeholder komunitas dan media, dimana @JarambahBandung yang berada pada garda terdepan. Namun mereka bertanggung jawab pula dalam hal menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan mereka juga sebagai media informasi antar pemangku kepentingan sehingga dapat meningkatkan reputasi destinasi di kota Bandung.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram @jarambahbandung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi wisata di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden melalui media online. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna media sosial instagram yang sudah mengikuti akun @jarambahbandung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi (Y). Berdasarkan hasil uji koefesien determinasi diperoleh hasil bahwa pengaruh media sosial (X) memberikan pengaruh terhadap kebutuhan informasi (Y) sebesar 70,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini yaitu sebesar 29,5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial, pada sub variabel context, communication, collaboration dan connection memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebutuhan informasi wisata di kota Bandung
Berdasarkan hasil penelitian, peniliti menyarankan Setelah menganalisis penelitian ini, Dimensi context paling dominan dan memiliki kategori sangat baik dalam pemenuhan kebutuhan informasi wisata di kota Bandung. Sebaiknya hal ini terus dipertahankan dan terus ditingkatkan oleh @jarambahbandung. Karena followers sudah merasa pesan yang disampaikan pada akun instagram @jarambahbandung jelas dan informatif maka mudah dipahami. Sementara dimensi communicatin memiliki skor terendah meskipun dalam kategori baik, maka sebaiknya @jarambahbandung lebih memperhatikan pada dimensi ini. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan interaksi dengan para followers, seperti Respon admin saat menjawab pertanyaan followers pada akun Instagram @jarambahbandung dijawab dengan cepat.
Kata kunci: Instagram, Media sosial, Kebutuhan Informasi.