PENGARUH RELIGIOSITY DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH ATTITUDE TERHADAP PRODUK HALAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG)

MEGA RAHMANITA

Informasi Dasar

21.04.1357
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara Muslim terbesar di dunia. Setiap Muslim harus mengonsumsi produk halal. Masyarakat mengubah gaya hidup menjadi lebih sadar dan peduli dengan kehalalan suatu produk. Tren hijrah membuat standardisasi halal berkembang dalam produk makanan-minuman, produk jasa dan gaya hidup. Produk halal dapat memberikan rasa aman bagi Muslim. Label halal yang terdapat pada kemasan produk tentu akan mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi sebuah produk yang halal. Di Indonesia label halal sangat mudah di jumpai pada berbagai produk. Selain diterapkan pada negara-negara mayoritas penduduk muslim, ternyata perkembangan industri halal terbilang cukup pesat di negara mayoritas non-muslim. Hal ini dikarenakan bertumbuhnya permintaan akan produk halal diseluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan langsung antara variabel religiusitas dan norma subyektif terhadap variabel sikap dan variabel minat beli. Kemudian menganalisis hubungan tidak langsung antara variabel religiusitas dan norma subyektif terhadap variabel minat beli yang dimediasi oleh variabel sikap.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian konklusif (kausal) dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang pernah menggunakan produk halal di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yaitu Non-probability Sampling dengan 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Amos 24. Pada penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukan bahwa variabel Religiosity berpengaruh positif dengan variabel Purchase Intention pada produk halal di Kota Bandung, variabel Subjective Norm berpengaruh positif dengan variabel Purchase Intention pada produk halal di Kota Bandung, variabel Attitude memediasi hubungan antara variabel Subjective Norm dan variabel Purchase Intention pada produk halal di Kota Bandung, variabel Attitude memediasi hubungan antara variabel Religiosity dan variabel Purchase Intention pada produk halal di Kota Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan serta solusi yang dapat membuat perusahaan lebih baik, yaitu peneliti menyarankan agar perusahaan yang menggunakan bahan baku yang halal dan aman mendaftarkan produknya ke MUI untuk mendapatkan setifikat halal yang resmi sehingga masyarakat bisa dengan aman menggunakan produk yang memang memiliki sertifikat halal resmi.

Kata kunci: Minat beli, norma subyektif, produk halal, religiositas, sikap

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH RELIGIOSITY DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH ATTITUDE TERHADAP PRODUK HALAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG)
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEGA RAHMANITA
Perorangan
OSA OMAR SHARIF
 

Penerbit

Universitas Telkom (Manajemen Bisnis Telelkomunikasi & informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini