PT Telekomunikasi Indonesia merupakan perusahaan informasi dan komunikasi terbesar yang bergerak dibidang jasa dan telekomunikasi secara lengkap yang dipercaya oleh seluruh bagian Indonesia. Peneliti menemukan fenomena pada perusahaan PT Telekomunikasi Witel Bogor mengenai knowledge sharing dengan sub-variabel knowledge donating dan knowledge collecting serta kinerja karyawan yang ditemukan peneliti melalui wawancara dan data yang telah didukung oleh perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan knowledge sharing pada Witel Bogor, kinerja karyawan Witel bogor, dan bagaimana pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, dan analisis regresi linier sederhana.
Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 121 responden. Metode sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan Teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, Knowledge sharing berada pada kategori “Efektif” dengan persentase 81,80%. Pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan sebesar 0.342. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel kinerja pada penelitian ini sebesar 34,2% sedangkan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Hasil statistik menunjukan bahwa didapatkan t hitung (8,193) > t tabel (1.9801), yang artinya hipotesis alternatif atau H1 diterima maka dapat dikatakan bahwa knowledge sharing berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bogor.
Kata Kunci: Knowledge Sharing, Kinerja Karyawan, Sumber Daya Manusia
?