Dunia Fashion sudah berkembang dengan adanya beberapa brand terkenal, mulai dari
Sneakers, Baju, Celana, dan lain sebagainya. Menurut American Marketing Association,
Brand merupakan simbol, desain khusus, rancangan atau kombinasi dari hal- hal tersebut
yang dimaksudkan untuk mendefinisikan barang dari seseorang atau sekelompok penjual
dan membedakannya dari produk pesaing. Salah satu brand yang bergerak di bidang
sneakers yaitu Compass, compass sendiri adalah sebuah local brand yang bergerak
dibidang fashion lebih tepatnya sneakers yang berdiri sejak 1998 di Kota Bandung.
Compass fokus membuat Sneakers berjenis sol vulkanisir (vulcanized) berharga
terjangkau, Compass tetap menjalani segala proses yang ada dengan mengedepankan
prinsip klasik yang orisinal, juga mempresentasikan Indonesia dari segi desain, kreatifitas,
dan juga semangat yang ditampilkan pada setiap elemennya. Hal ini diperkuat oleh tagline
yang dipakai oleh Compass yaitu “Bangga Buatan Indonesia”. Penelitian ini bertujuan
untuk meneliti Pengaruh Brand Image dan Country of Origin terhadap Keputusan
Pembelian Sepatu Compass.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan
kausal. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode non- probability sampling
dengan purposive sampling dengan jumlah 400 orang responden. Teknik analisis yang
digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel Brand Image (X1) dan Country of
Origin (X2) masuk kedalam kategori sangat baik sedangkan variabel Keputusan
Pembelian (Y) masuk kedalam kategori baik. Berdasarkan analisis regresi linear berganda
menyatakan bahwa variabel Brand Image (X1) dengan thitung 4,934 dan Country of Origin
(X2) dengan thitung 10,666 secara parsial memberikan pengaruh terhadap Keputusan
Pembelian (Y), menunjukkan semakin ditingkatkan variabel Brand Image (X1) dan
Country of Origin (X2) maka variabel Keputusan Pembelian (Y) terhadap Sepatu
Compass akan semakin meningkat. Besarnya pengaruh Brand Image dan Country of
Origin terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 48,5% dan sedangkan sisanya
51,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Brand Image, Country of Origin dan Keputusan Pembelian