PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENYEDIAAN PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI JARINGAN INTERNET BERDASARKAN PERANGKAT SELULER PENGGUNA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS DIMENSIONAL LIFECYCLE

MUHAMMAD IQBAL MUTTAQIN

Informasi Dasar

21.04.1591
658.472
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan informasi dari kompas.com terhadap operator seluler PT Telkomsel, tercatat bahwa pada tahun 2019 jumlah pelanggan PT Telkomsel diwilayah Jabotabek berjumlah 38,5 juta pelanggan PT Telkomsel, jumlah pelanggan yang sudah memanfaatkan jaringan internet 4G LTE tercatat sebanyak 18,5 juta pelanggan PT Telkomsel, dan untuk lainnya sejumlah 20 juta pelanggan PT Telkomsel masih belum dapat memanfaatkan atau menggunakan jaringan internet 4G LTE. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan bagi pihak PT Telkomsel karena selaku pihak perusahaan operator telekomunikasi seluler, layanan data akan terus menjadi sumber pendorong pendapatan utama bagi PT Telkomsel dibandingkan dengan layanan SMS dan voice yang secara fungsional layanan SMS dan voice sudah dapat tergantikan oleh layanan data. Apabila masih terdapatnya pelanggan PT Telkomsel yang belum menerapkan atau menggunakan layanan teknologi jaringan internet 4G LTE maka PT Telkomsel tidak bisa mendapatkan pendapatan dari layanan jaringan internet 4G LTE tersebut secara lebih optimal.

Maka dari itu tujuan dari penelitian pada tugas akhir ini adalah membantu top level management PT Telkomsel dalam pengambilan keputusan untuk mendorong pelanggan PT Telkomsel khususnya pelanggan PT Telkomsel pada regional wilayah Pulau Jawa (Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, KAPAL, dan TMP) agar dapat menerapkan atau menggunakan layanan teknologi jaringan internet 4G LTE dengan menerapkan business intelligence. Penelitian pada tugas akhir ini hasilnya akan menampilkan informasi untuk pendukung pengambilan keputusan top level management PT Telkomsel ataupun sekiranya dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada PT Telkomsel. Pada tugas akhir ini menggunakan metode business dimensional lifecycle dalam merancang business intelligence dashboard yang berpedoman pada beberapa literatur dan penelitian.

Hasil dari penelitian tugas akhir ini yaitu berupa business intelligence dashboard yang mana menghasilkan dashboard layanan teknologi jaringan internet berdasarkan perangkat seluler pengguna telkomsel. Dashboard tersebut dapat memvisualisasikan informasi yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mendorong pelanggan PT Telkomsel khususnya pelanggan PT Telkomsel pada regional wilayah Pulau Jawa (Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, KAPAL, dan TMP) agar dapat menerapkan atau menggunakan layanan teknologi jaringan internet 4G LTE. Harapannya hasil dari tugas akhir ini dapat berguna sebagai alat pertimbangan pengambilan keputusan bisnis bagi pihak PT Telkomsel terkait dengan permasalahan yang ada pada PT Telkomsel.

Kata kunci: business intelligence, dashboard, metode business dimensional lifecycle, pentaho, tableau.

Subjek

BUSINESS INTELLIGENCE
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENYEDIAAN PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI JARINGAN INTERNET BERDASARKAN PERANGKAT SELULER PENGGUNA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS DIMENSIONAL LIFECYCLE
 
xiv, 103p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IQBAL MUTTAQIN
Perorangan
 
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini