Dalam penerapan perancangan tata kelola teknologi informasi untuk transformasi digital di Bank XYZ, penelitian ini menggunakan framework COBIT 2019 dengan domain Deliver, Service and Support. Berdasarkan peraturan kementerian BUMN yang diwajibkan untuk melakukan Assessment IT Maturity Level secara Independen dengan target skor 3 menggunakan framework terbaru. Fokus penelitian ini adalah domain DSS pada Proses DSS03 – Manage Problem, DSS01 – Manage Operation dan DSS02 – Manage Service Request Incident yang diprioritaskan untuk menentukan proses prioritas berdasarkan penilaian menggunakan COBIT toolkit design factor. Tujuan perancangan tata kelola teknologi informasi untuk transformasi digital di Bank XYZ adalah untuk membantu Bank XYZ dalam menyesuaikan peranan perusahaan dalam perkembangan teknologi yang didukung oleh tata kelola untuk mengendalikan risiko yang dapat terjadi dan memastikan sumber daya yang ada di perusahaan berguna dengan baik. Hasil penelitian ini berupa dokumen rekomendasi perancangan people, process dan technology. Hasil rancangan people berupa responsibility secara detail dan perusahaan memerlukan pegawai yang kompeten dalam menangani masalah dan insiden. Hasil rancangan process berupa penambahan rekomendasi SOP dan instruksi kerja. Hasil rancangan technology berupa rekomendasi software yang akan membantu perusahaan dengan mudah dalam penerapan transformasi digital. Pengaruh terhadap penilaian perancangan tata kelola dapat meningkatkan nilai indeks perusahaan sebesar 0,36 atau 7,2%. Penelitian ini secara praktis membantu Bank XYZ untuk memprioritaskan tata kelola TI untuk mendukung transformasi digital, sedangkan secara akademik memberikan contoh prioritas tata kelola TI menuju transformasi digital pada perusahaan di industri perbankan.
Kata Kunci: Tata Kelola TI, COBIT 2019, DSS, Transformasi Digital.