Teknologi informasi dan telekomunikasi berperan dalam terciptanya aplikasi telemedicine yang disandingkan dengan ilmu medis berdasarakan inovasi dibidang kesehatan. Meskipun di Indonesia telemedicine masih dalam tahap pengembangan dan banyak kekurangan, namun, aplikasi ini sangat berpotensi tinggi dalam meningkatkan citra medis di mata masyarakat. Melihat dari kondisi geografis dan persebaran penduduk indonesia yang tidak merata, maka masih banyak penduduk indonesia yang kesulitan untuk mengakses pusat kesehatan masyarakat yang ditambah lagi dengan kurangnya praktisi kesehatan di daerah- daerah terpencil maupun kepulauan. Halodoc merupakan sebuah aplikasi dan situs web asal Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Pemilihan studi kasus dikarenakan Halodoc adalah sebuah sistem telemedicine yang memberikan layanan konsultasi via chatting, pemberian resep, surat rujuk untuk rumah sakit hingga pemberian saran tindakan untuk penyakit-penyakit yang tertera pada layanan aplikasi telemedicine Halodoc, dan untuk perancangan sebuah aplikasi telemedicine ini digunakan metode Iterative dan Incremental. Dengan metodologi ini dirancang juga pembuatan analisis bisnis model , analisis kelayakan bisnis, analisis rencana bisnis, analisis kompetitor, analisis potensi pasar, dan analisis rencana teknik.
Selanjutnya dalam tahap perancangan dibuatlah perancangan proses bisnis, perancangan data, perancangan interface dan perancangan infrastruktur. Berdasarkan hasil pengujian Unit Testing,Usability Testing dan System usability Scale (SUS) dengan memvalidasi seluruh sumber kebutuhan Pasien di dapat sebuah aplikasi yang baik dan benar serta bersifat user friendly.
Kata Kunci : Telemedicine, Iterative, Incremental, Halodoc