Pikyeum merupakan UMKM yang bergerak pada bidang produksi makanan yaitu khusunya pada peuyeum. Peuyeum merupakan makanan khas daerah yang berasal dari Kota Bandung. Segmen pelanggan yang menjadi sasaran UMKM Pikyeum adalah pelanggan individu dan pelanggan bisnis. Segmen pelanggan individu merupakan pelanggan yang berdomisili di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan sekitarnya serta wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Segmen pelanggan bisnis merupakan sekelompok pelanggan perusahaan yang memesan produk dalam jumlah yang besar. Dalam menjalankan bisnisnya UMKM Pikyeum belum mampu bersaing dengan kompetitornya. Evaluasi model bisnis ini merupakan cara untuk mengembangkan model bisnis eksisting perusahaan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Langkah awal yang dilakukan pada penilitan ini yaitu dengan memetakan kesembilan blok model bisnis eksisting perusahaan yang didapatkan melalui observasi serta wawancara kepada pemiliki UMKM Pikyeum, kemudian melakukan wawancara kepada pelanggan untuk mengetahui customer profile perusahaan, dan analisis lingkungan bisnis yang diperoleh dari studi literatur. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap pihak internal perusahaan untuk merancang strategi usulan pada blok model bisnis kanvas. Kemudian melakukan perancangan value proposition canvas dengan melakukan penyesuaian antara kebutuhan customer profile dengan value propositions yang ditawarkan perusahaan. Setelah melakukan perancangan value proposition canvas maka langkah berikutnya adalah merancang model bisnis usulan untuk UMKM Pikyeum. Terdapat beberapa usulan strategi untuk perbaikan, antara lain: perbaikan value proposition, customer relationships, key activites, key resources, cost structure, dan revenue stream.