ABSTRAK
iResearch merupakan subproduct dari PT. Global Insight Indonesia yang bergerak bidang jasa survei online. Dalam berjalannya usaha iResearch perlu diketahui kelayakan berjalannya usaha dalam lima tahun pertama sehingga permasalahan yang dihadapi berupa mengetahui seberapa besar demand dalam jasa survei online, perancangan website dan kebutuhan finansial. iResearch diharapkan menjadi lini subproduct yang terus membawa perusahaan dalam keberlanjutan dan peningkatan kualitas. DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta menjadi target pasar untuk operasional bisnis iResearch untuk jasa survei online. iResearch memiliki berbagai kompetitor yang bergerak dalam bidang bisnis jasa yang sama, yaitu Grapadi, GamaStatistika, KedaiKOPI, Kuesionerkilat.com, Mobile Statistik, Poltracking Indonesia, Jakpat, dan Surveicenter.co.id. Kelayakan usaha penting bagi stakeholder iResearch untuk mengetahui perkembangan dan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi kompetitornya di pasar sejenis. Metode yg digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha iResearch berupa perancangan website dan mengetahui nilai Net present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP). Hasil dari analisis kelayakan tersebut berupa perancangan website iResearch berupa 9 laman yang dapat diakses pengunjung dan client iResearch dan perhitungan NPV, IRR, dan Payback Period dari laporan laba rugi, arus kas, dan neraca. Adapun nilai yang dihasilkan berupa NPV yang ditunjukkan dari proyeksi 5 tahun operasi bernilai Rp. 1.020.027.416 dengan nilai IRR 38,41% dan Payback Period sebesar 3,73 tahun. Perancangan website memaparkan mengenai penyampaian informasi berupa kegiatan operasional, perkembangan, profil, dan produk maupun layanan yang ditawarkan iResearch beserta proses pengerjaan proyek survei online dalam website tersebut. Dengan penilaian kelayakan tersebut, kelayakan usaha iResearch dapat dikatakan layak.
Kata Kunci — [Jasa Survei Online, Analisis Kelayakan, Perancangan Website, NPV, IRR, Payback Period]