PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) PADA TEMAN SEJATI COFFEE

FIRDAH DIPI JUNI KURNIAWATI

Informasi Dasar

21.04.1805
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teman Sejati Coffee merupakan salah satu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) kedai kopi yang berada di Kota Malang. Berdasarkan hasil wawancara dengan owner dan manager Teman Sejati Coffee, diketahui bahwa proses penilaian kinerja karyawan masih bersifat subjektif yang hanya dilakukan oleh manager secara langsung, sehingga menjadi tidak efisien dan kurang efektif dalam penilaiannya. Selain itu, hasil penilaian menjadi tidak akurat dan tidak sesuai dengan standar penilaian kinerja karyawan pada Teman Sejati Coffee. Dengan adanya permasalahan tersebut menimbulkan terjadinya kesalahan dalam pemberian reward/bonus untuk karyawan yang memiliki kinerja karyawan terbaik, sehingga memicu terjadinya penurunan tingkat kinerja atau motivasi pada karyawan lainnya.

Dari pemaparan tersebut didapatkan tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang sistem penilaian kinerja karyawan untuk membantu manager dalam proses penilaian kinerja karyawan dan mempermudah evaluasi kinerja karyawan pada Teman Sejati Coffee. Dalam proses penilaian kinerja karyawan, menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dapat membuat penilaian secara lebih akurat karena didasarkan pada kriteria dan bobot preferensi yang telah ditentukan, serta dapat memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif karena adanya proses perankingan. Metode pengembangan sistem yang akan digunakan pada tugas akhir ini yakni model Rapid Application Development (RAD). Model RAD dipilih karena dapat diterapkan untuk proyek kecil dan memiliki proses pengembangan sistem dengan waktu yang singkat. Sistem yang dirancang akan dilakukan pengujian menggunakan blackbox testing untuk menguji dari segi fungsionalitas sistem terhadap skenario yang disesuaikan dengan proses bisnis.

Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini adalah sistem penilaian kinerja karyawan pada Teman Sejati Coffee. Manfaat dari hasil perancangan sistem tersebut dapat membantu manager dalam proses penilaian kinerja dan mempermudah evaluasi kinerja karyawan pada Teman Sejati Coffee.

Kata kunci: Kedai Kopi, Rapid Application Development, Simple Additive Weighting, Sistem Penilaian Kinerja Karyawan

Subjek

Information system web
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) PADA TEMAN SEJATI COFFEE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRDAH DIPI JUNI KURNIAWATI
Perorangan
Augustina Asih Rumanti, Afrin Fauzya Rizana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini