Desa Wisata Alam Endah memiliki letak geografis yang strategis sehingga memiliki kegiatan ekonomi yang paling menonjol di bidang pertanian dan peternakan serta berbagai tempat wisata yang menarik. Namun, Desa Wisata Alam Endah belum memiliki platform dan aplikasi khusus untuk promosi wisata rintisan sehingga menyulitkan wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata yang ada. Objek wisata yang sangat berpotensi akan sangat sulit berkembang jika tidak dibuat strategi promosi yang baik.
Berdasarkan masalah tersebut ditemukan solusi untuk membuat website dan aplikasi sebagai media online untuk untuk membantu Desa Wisata Alamendah untuk memasarkan wisatanya dengan lebih cepat dan fleksibel. User interface dan user experience pada aplikasi dan website menjadi salah satu faktor penting apakah user akan tetap menggunakan website atau aplikasi atau tidak. Perancangan user interface dan user experience pada pembuatan aplikasi dan website menggunakan metode User Centered Design.
Mockup yang dihasilkan telah diuji menggunakan system usability testing dengan penyebaran angket kepada 20 responden. Terdapat 5 variabel yang digunakan yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfacation. Hasil dari usability testing menunjukan bahwa mockup desain user interface dan user experience website sebesar 84,375% dan aplikasi sebesar 83,75%.