Kimbap Bandung merupakan UMKM yang bergerak di bidang makanan atau lebih tepatnya di
bidang kuliner khas Korea yang berlokasi di Jl. Sukagalih No.123. Sukajadi – Bandung.
Tingginya persaingan dalam bidang kuliner menuntut usaha harus memiliki strategi pemasaran
yang tepat agar usaha tetap mampu bersaing dan bertahan sehingga mampu menjadi usaha yang
menempati terbaik. Dilihat dari Hasil pendapatan Kimbap Bandung pada bulan Juni 2020
sampai bulan Desember 2020 dapat dilihat bahwa pendapatan pada Kimbap Bandung tidak
memenuhi target pendapatan dari target yang sudah ditentukan. Maka Kimbap Bandung harus
merencanakan strategi baru supaya meningkatkan pendapatan agar bisa mencapai target yang
sudah ditentukan. Strategi pemasaran yang dirancang Kimbap Bandung berdasarkan beberapa
faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Analisis SWOT
digunakan untuk mendapatkan alternatif strategi, dimana alternatif strategi didapat dari faktor
internal dan faktor eksternal perusahaan. Tahapan dari penelitian dimulai dari identifikasi
kondisi internal dan eksternal usaha sehingga mendapatkan kumpulan faktor serta pengaruhnya
bagi proses perumusan strategi yang berupa hasil pembobotan pada matriks IFE dan EFE.
Berdasarkan hasil total pembobotan matriks IFE dan EFE, maka akan diketahui posisi usaha
berdasarkan faktor internal dan eksternal usaha pada matriks Internal - Eksternal (IE) yang
akan dijadikan sebagai dasar dalam perumusan alternatif strategi pada matriks SWOT.
Terakhir, akan diterapkan analisis QSPM yang bertujuan untuk melakukan evaluasi atau
penilaian terhadap beberapa pilihan alternatif strategi secara objektif untuk mendapat strategi
yang terbaik. Matriks QSPM juga mampu memutuskan strategi prioritas terbaik. Matriks
SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan.
Berdasarkan hasil QSPM dari 8 alternatif terdapat salah satu alternatif strategi yang
diprioritaskan yaitu Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran pada Kimbap
Bandung. Dengan nilai skor TAS sebesar 7,133.
Kata kunci: Strategi pemasaran, IFE, EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM.