ABSTRAK
Indonesia menempati urutan kedua konsumen mi instan terbesar di dunia selama kalender 2019, dengan jumlah konsumsi sebesar 12,6 miliar bungkus mi instan dalam setahun. Wings Food mengeluarkan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dan Korean Spicy Soup dengan memanfaatkan fenomena budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengengetahui pengaruh iklan, cita rasa, harga dan brand ambassador Mie Sedaap Korean Spicy Chicken terhadap keputusan pembelian konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelajar dan mahasiswa di Kota Bandung. Populasi berjumlah pelajar yang berada pada rentang usia 15-19 tahun dan mahasiswa yang berada pada rentang usia 20-24 tahun sebanyak 240.662 orang dan dengan standar error 10% sampelnya sebesar 100 orang. Penelitian ini menggunakan analisis linear regresi berganda.
Penelitian ini menemukan bahwa variabel Iklan, cita rasa, harga dan brand ambassador Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan. Iklan sebagai bagian dari promosi berfungsi untuk membantu konsumen dalam mengenal, mengingat dan mengevaluasi suatu produk yang kemudian akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk. Cita rasa mampu mempengaruhi kualitas makanan akan menghasilkan rasa yang dapat diterima sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Apabila harga dari suatu produk relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk pesaingnya maka konsumen dapat mengeliminasi suatu produk dari pertimbangannya. Brand ambassador memiliki daya tarik berupa fisik, prestasi, sifat pribadi gaya hidup, kepercayaan dalam menyakinkan orang lain mengenai produk yang dipromosikannya.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Cita Rasa, Harga, Iklan, Keputusan Pembelian