PERANCANGAN PROSES MONITORING INSTALASI DAN AKTIVASI PADA PELAYANAN TRAFFIC INTERNET BERDASARKAN PROFIL SERVQUAL DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA INTERNATIONAL (TELIN)

HARSYA NUR AULIA DEWI

Informasi Dasar

117 kali
21.04.1982
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin) merupakan perusahaan penyedia pelayanan telekomunikasi dan jaringan berskala international yang menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanannya agar mendapatkan kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan didapatkan dari faktor permasalahan penanganan pelayanan. Beberapa hal dapat menjadi faktor permasalahan kemampuan memahami teknis, komunikasi dengan konsumen, proses penanganan pelayanan yang diberikan saat instalasi atau aktivasi maupun jika terdapat gangguan, tidak terdapat proses monitoring dan informasi produk pada website sulit dimengerti oleh konsumen. Aspek pelayanan yang masih rendah dimana belum memenuhi harapan konsumen yang diberikan oleh perusahaan diperlukan usulan perbaikan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Metodologi yang digunakan pada penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui kesenjangan (GAP) berdasarkan profil SERVQUAL dan Net Promoter Score untuk mengetahui seberapa besar nilai rekomendasi konsumen kepada orang lain. Pada tugas akhir ini didapatkan nilai kesenjangan (GAP) bernilai negatif berdasarkan dari faktor permasalahan kualitas pelayanan yang dikelompokkan menjadi lima dimensi yang berpotensi sebagai sumber masalah yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (ketepaatan waktu), assurance (jaminan kualitas), empathy (kepedulian) dan tangibles (bukti fisik). Berdasarkan perhitungan nilai kesenjangan (GAP) didapatkan nilai kesenjangan (GAP) reliability sebesar -0.074 dan tangibles sebesar -0.093. Perhitungan Net Promoter Score yang didapat yaitu sebesar 37%. Usulan perbaikan kualitas pelayanan yang dirancang dari dimensi dan atribut aspek pelayanan yang masih rendah. Rancangan usulan perbaikan dengan merancang proses monitoring dengan membuat konsep desain untuk memonitoring kegiatan seperti monitoring proses instalasi dan aktivasi. Evaluasi hasil konsep rancangan usulan perbaikan dilakukan melakukan analisa implementasi kelebihan dan kekurangan konsep usulan rancangan, melakukan verifikasi hasil dan validasi dari pihak perusahaan.

Kata kunci — Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, SERVQUAL, Net Promoter Score, Nilai Kesenjangan (GAP)

Subjek

QUALITY CONTROL-SERVICE QUALITY
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES MONITORING INSTALASI DAN AKTIVASI PADA PELAYANAN TRAFFIC INTERNET BERDASARKAN PROFIL SERVQUAL DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA INTERNATIONAL (TELIN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARSYA NUR AULIA DEWI
Perorangan
WIYONO, SHEILA AMALIA SALMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini