USULAN KEBIJAKAN MAINTENANCE MESIN PAVING RH1S15 PADA PROSES PRODUKSI PAVING BLOCK DI CV. SAMSON JAYA UTAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY AND RISK CENTERED MAINTENANCE (RRCM)

NAUFAL MUHAMMAD IQBAL

Informasi Dasar

21.04.2025
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Samson Jaya Utama merupakan pabrik yang bergerak di bidang produksi paving block. Pada periode tahun 2018 – 2019, CV. Samson Jaya Utama memiliki penurunan jumlah produksi dan pada tahun 2019 jumlah produksi tidak mencapai target produksi perusahaan. Hal ini dikarenakan tingginya frekuensi kerusakan mesin paving di CV. Samson Jaya Utama. Frekuensi kerusakan yang tinggi disebabkan karena kegiatan pemeliharaan di perusahaan belum mempertimbangkan karakteristik kerusakan. Untuk menunjang mesin paving agar bekerja sesuai dengan fungsinya, maka perusahaan harus melakukan kegiatan pemeliharaan yang mempertimbangkan karakteristik kerusakan. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode Reliability and Risk Centered Maintenance (RRCM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usulan kebijakan pemeliharaan yang optimal dan biaya pemeliharaannya. Dalam menentukan komponen kritis, penelitian ini menggunakan Risk Priority Number dan terpilih tiga komponen yaitu plat besi st 37, pillow block, dan trusco rubber. Dengan menggunakan metode RRCM, maka didapatkan proposed maintenance task dan total biaya pemeliharaannya. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh 4 proposed maintenance task dengan tiga schedule on condition task dan satu schedule discard task, Untuk schedule on-condition task, komponen plat besi dilakukan pemeliharaan dalam interval 9 pekan sekali. Lalu untuk schedule on-condition taskkomponen pillow block dilakukan greasing dalam interval 14 pekan sekali, sedangkan untuk schedule on-condition task komponen trusco rubber pemeliharaan dilakukan dalam interval waktu 10 pekan sekali. Untuk schedule discard task penggantian komponen pillow block dilakukan dalam interval waktu 23 pekan sekali. Total biaya pemeliharaan usulan yang didapat sebesar Rp25,011,299,- per tahun dimana biaya tersebut lebih kecil Rp Rp13,385,377,- dari total biaya pemeliharaan eksisting per tahun.

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN KEBIJAKAN MAINTENANCE MESIN PAVING RH1S15 PADA PROSES PRODUKSI PAVING BLOCK DI CV. SAMSON JAYA UTAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY AND RISK CENTERED MAINTENANCE (RRCM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL MUHAMMAD IQBAL
Perorangan
Endang Budiasih, Judi Alhilman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini