Bobbies Jeans adalah salah satu industri fashion yang terletak di daerah Kota
Bandung yang didirikan pada tahun 2017 oleh Bapak Ricko yang terletak di Kota
Bandung. Penjualan produk Bobbies Jeans pada rentang bulan Januari 2020
hingga Februari 2021 tidak mencapai target, hanya pada bulan Mei 2020 dengan
penjualan sebanyak 1267 pcs saja yang mampu mampu melampaui target pada
bulan tersebut yaitu 1000 pcs. Selain permasalahan pada jumlah penjualan yang
tidak mencapai target, permasalahan lainnya terdapat pada masih belum
optimalnya program komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Bobbies Jeans,
jika dibandingkan dengan kompetitor pada industri yang sama. Tugas Akhir ini
bertujuan untuk merancang usulan perbaikan program komunikasi pemasaran
dengan menggunakan metode benchmarking untuk pemecahan masalahnya yang
dibantu oleh tool Analytical Hierarchy Process (AHP) yang akan digunakan untuk
menentukan benchmark partner yang tepat bagi brand Bobbies Jeans.
Berdasarkan hasil perhitungan, program komunikasi pemasaran yang perlu
diperbaiki oleh Bobbies Jeans terdapat pada tujuh elemen bauran komunikasi
pemasaran berdasarkan tingkat kepentingannya secara berurutan yaitu online and
social media marketing, sales promotion, mobile marketing, public relations and
publicity, events and experiences, advertising, dan direct and database marketing.