PERANCANGAN KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN PADA STARTUP ICOMITS MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

KIRANA RIZKY AMALIA DIANI SUPNADI

Informasi Dasar

21.04.2055
607.427
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan pasar digital Indonesia semakin meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet (Google & Temasek Holding, 2018). Hal ini menyebabkan munculnya bidang bisnis yang bergerak pada bidang teknologi. Salah satu bidang bisnis tersebut adalah startup, startup merupakan usaha yang cukup diminati di Indonesia (Sahara, 2020). Salah satu startup tersebut adalah Icomits, startup ini didirikan pada tahun 2015 di Jawa Barat. Dengan banyaknya jumlah pesaing mengharuskan Icomits untuk dapat bertahan pada kondisi pasar yang kompetitif. Namun, target revenue dalam kurun setahun terakhir tidak pernah tercapai, dan adanya keluhan dari pelayanan eksisting mengharuskan pihak Icomits untuk melakukan identifikasi kebutuhan layanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang berdampak pada peningkatan kepuasan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut kebutuhan layanan Icomits berdasarkan integrasi metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis. Dimensi SERVQUAL digunakan untuk mendapatkan voice of customer yang kemudian menjadi atribut pelayanan dari Icomits. SERVQUAL juga akan menghasilkan skor gap antara tingkat kinerja dan tingkat harapan dari pelanggan sehingga diketahui atribut mana yang tingkat kinerjanya belum memenuhi harapan pelanggan. Selain itu, nilai rata-rata setiap atribut akan menjadi input untuk menghasilkan klasifikasi atribut pada diagram IPA. Berdasarkan perhitungan gap diketahui seluruh atribut bernilai negatif, oleh sebab itu dilakukan analisis importance performance yang akan menunjukan prioritas atribut yang perlu dilakukan peningkatan kinerja. Berdasarkan integrasi SERVQUAL dan Importance Performance Analysis didapatkan 20 atribut kebutuhan, dan tujuh prioritas atribut kebutuhan layanan untuk ditingkatkan kinerjanya dan dilakukan identifikasi rekomendasi. Kata kunci — [SERVQUAL, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS, KEPUASAN PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN]

Subjek

MARKETING ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN PADA STARTUP ICOMITS MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KIRANA RIZKY AMALIA DIANI SUPNADI
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Husni Amani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini