Icommits Karya Solusi adalah Start-up yang bergerak pada bidang konsultasi teknologi informasi atau Konsultasi IT. Start-up ini didirikan pada tahun 2015, Icommits menyediakan produk dan layanan jasa yang berfokus kepada pengembangan digital seperti software, hardware, website, dan game development. Walaupun pertumbuhan bisnis pada bidang “Start-up” ini memiliki laju pertumbuhan yang pesat, tetapi revenue Icommits Karya Solusi pada tahun 2020 tidak dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Diketahui juga proses penjualan online yang dilakukan melalui Instagram belum berjalan dengan baik. Selain itu, kondisi pandemi mendorong untuk Icommits untuk mengoptimalkan program komunikasi pemasaran melalui media sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang program komunikasi pemasaran digital melalui platform Instagram dengan menggunakan metode benchmarking dalam mengidentifikasi gap aktivitas pemasaran digital melalui platform media sosial Instagram dan analytical hierarchy process (AHP) sebagai alat bantu dalam menemukan perusahaan terbaik yang menjadi contoh dalam melakukan benchmark.
Adapun elemen yang digunakan dalam penelitian terhadap komunikasi pemasaran Instagram ini terdapat empat elemen yaitu accuracy, completeness, format dan currency. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan pada aktivitas pemasaran Instagram, yang dikembangkan dari future performance yang diperoleh dan disesuaikan dengan kemampuan Icommits.
Kata kunci: komunikasi pemasaran Instagram, analytical hierarchy process, benchmarking