Fatih Bilingual Boarding School adalah sekolah dengan tipe Boarding Day School berstatus swasta. Sekolah mengadopsi kurikulum PASIAD sejak awal berdiri, kemudian mengganti kurikulum Cambridge sebagai kurikulum yang baru. Sekolah Fatih merupakan satu-satunya sekolah dengan standar Intenasional di Provinsi Aceh. Melalui kurikulum, sekolah mengedepankan pembelajaran menginspirasi, aktif dan kolaborasi yang efektif. Inti dari konsep pembelajaran sekolah adalah, menekankan pentingnya kerja sama antara siswa dan guru dalam membangun pengetahuan.
Namun, konsep pembelajaran sekolah tidak diiringi dengan perubahan pada lingkungan belajar. Sekolah masih menerapkan lingkungan belajar yang lama, sehingga tidak relevan dengan konsep pembelajaran melalui kurikulum yang baru. Salah satu hal yang didapati saat observasi dilakukan adalah, sekolah masih mengaplikasikan pengaturan duduk siswa dengan tipe tradisional. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang belum difasilitasi dengan baik. Perpustakaan adalah salah satu contoh fasilitas yang belum difasilitasi dengan baik oleh pihak sekolah. Perpustakaan memerlukan luasan yang lebih besar sehingga, dapat terfasilitasi perpustakaan dengan standar Internasional.
Maka dari itu perlu dilakukan perancangan baru pada lingkungan sekolah bilingual Fatih, sehingga dapat mengatasi permasalah yang terjadi di lingkungan sekolah. Melalui pendekatan identitas desain ruang dapat diubah, yang sebelumnya masuk ke dalam kategori hening menjadi kategori aktif. Sehingga kurikulum mendapatkan dukungan penuh dari lingkungan belajar yang baru.
Kata Kunci: Sekolah Internasional, Kurikulum Cambridge, Kategori Aktif