Sektor informasi dan komunikasi menjadi penyumbang terbesar ekonomi Indonesia sebesar 10,35 % disaat hampir seluruh sektor lainnya mengalami penurunan. Dan presentase yang menggunakan internet juga meningkat setiap tahun. Namun rata-rata return saham dari perusahaan sub sektor telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia mengalami fluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan rasio keuangan yang mempengaruhi return saham pada perusahaan sub sektor telekomunikasi serta merancang strategi bagi perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Digunakan analisis regresi data panel untuk melihat pengaruh viable dan analisis SWOT serta analytical hierarchy process (AHP) dalam merancang strategi. Sampel dari penelitian adalah 4 perusahaan sub sektor teleomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2019.
Hasil penelitian menunjukan secara simultan Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan secara indivu hanya variabel Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS).
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mewakili perusahaan sub sektor telekomunikasi untuk dirancang stratgei karena menunjukan rata-rata nilai return saham paling besar. Kemudian diidentifikasi faktor internal dan ekternal nya untuk perumusan strategi. Perumusan strategi berdasarkan matriks SWOT dari data hasil kuesioner Analytical Hierarchy Process (AHP).