PERANCANGAN MODEL BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI BENTUK STRATEGI PENGEMBANGAN PADA TOKO IDAMAN BUSANA BANDUNG

DAVID RICHARDO CANIAGO

Informasi Dasar

76 kali
21.04.2147
650.07
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Toko Idaman Busana Bandung adalah bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada subsektor fashion yang menjual aneka ragam pakaian wanita ataupun pria seperti kemeja, kaos, blouse, celana, jaket, sweater, dan pakaian dalam mulai dari anak-anak hingga dewasa dan saat ini telah memiliki 5 orang karyawan, lokasi toko terletak di Jl. Jamika No.74A, Jamika, Bandung Barat, Kota Bandung. Penelitian ini untuk melakukan evaluasi model bisnis saat ini pada Toko Idaman Busana Bandung dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas dengan memperhatikan 9 blok penting yaitu customer segments, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partners dan cost structure. Dari hasil wawancara dengan owner Toko Idaman Busana Bandung Ibu Irawati M. Noer didapatkan 5 blok yang menjadi permasalahan yang dialami oleh Toko Idaman Busana Bandung yang harus dilakukan perbaikan dan evalusi yaitu pada blok channels, customer relationship, key resources, key activities dan revenue streams. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pertama melakukan pemetaan model bisnis saat ini berdasarkan hasil wawancara dengan owner Toko Idaman Busana kemudian melakukan identifikasi customer profile berdasarkan kuesioner yang sudah disebarkan kepada pelanggan selanjutnya melakukan analisis lingkungan dengan menggunakan data studi literatur dengan tujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dimiliki Toko Idaman Busana. Dengan data tersebut selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT dengan menyebarkan kuesioner SWOT kepada pihak internal perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan strategi bisnis yang paling sesuai untuk Toko Idaman Busana, setelah itu membuat value proposition canvas dengan melakukan pencocokan antara value map dengan customer profile Toko Idaman Busana dan terakhir merancang model bisnis usulan terbaik pada Toko Idaman Busana. Beberapa usulan yang diberikan diantaranya memperluas customer segment dengan menciptakan arus pendapatan secara online dari market place, menciptakan channel baru, menciptakan program loyalitas pelanggan, membuat website dan menciptakan pembayaran transaksi secara digital.

Kata Kunci : Toko Idaman Busana, business model canvas, customer profile, analisis lingkungan, analisis SWOT, value proposition canvas

Subjek

BUSINESS RESEARCH
BUSINESS COMMUNICATION, BUSINESS MARKETING,

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI BENTUK STRATEGI PENGEMBANGAN PADA TOKO IDAMAN BUSANA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAVID RICHARDO CANIAGO
Perorangan
Endang Chumaidiya, Yudha Prambudia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini