PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2019)

AULIYA ORI AFRIYANI

Informasi Dasar

21.04.2184
657.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Memaksimalkan nilai perusahaan dapat dilihat dari harga saham perusahaan. Apabila harga saham tinggi maka nilai perusahaan akan tinggi. Sehingga, dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham dalam melakukan investasi pada perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital (VACA, VAHU, STVA) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan pada website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan dengan periode penelitian selama empat tahun, sehingga didapatkan 80 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11.0. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA) memiliki nilai rata-rata (mean) lebih kecil daripada standar deviasi, yang berarti memiliki data yang bervariasi (heterogen). Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial Value Added Capital Employed (VACA) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Structural Capital Value Added (STVA), Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU).

Subjek

INTELLECTUAL CAPITAL
Intelectual property,

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIYA ORI AFRIYANI
Perorangan
LENY SUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini