Traveling saat ini telah menjadi hobi baru dalam masyarakat, bukan hanya
hobi saja namun traveling telah dijadikan sebuah gaya hidup yang diterapkan dalam
masyarakat. Dengan adanya hal tersebut muncul banyaknya Online Travel Agent
(OTA) di Indonesia. Tiket.com adalah sebuah situs web yang
menyediakan layanan pemesanan tiket online, seperti tiket pesawat, tiket kereta api,
tiket event, hotel dan penyewaan mobil yang berbasis di Jakarta, Indonesia.
Tiket.com juga merupakan sebuah first mover dalam (OTA) di Indonesia yang
posisinya terancam oleh banyak perusahaan yang bermunculan. Banyaknya Online
Travel Agent (OTA) saat ini mengakibatkan persaingan menjadi semakin ketat.
Perusahaan tentu harus mengenali strategi yang tepat sehingga dapat bertahan
dalam persaingan ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-marketing mix
dengan indikator 4Ps+P²+C²+S² (product, price, place, promotion, personalization,
privacy, customer service, community, security, site design) terhadap proses
keputusan pembelian produk di Tiket.com. Penelitian ini bersifat kuantitatif,
berdasarkan tujuan penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kausal. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis
Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 responden. Pada
penelitian ini menggunakan teknis analisis data regresi linear berganda yang diolah
menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS).
Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk variabel e-marketing mix pada
OTA Tiket.com berada di kategori yang baik dengan rata-rata skor persentase
sebesar (78.17%). Dari hasil uji hipotesis, variabel e-marketing mix secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan nilai F
hitung>F tabel (95.986 > 2.24) dan nilai signifikansi (0.00 < 0.05). Dari hasil uji
hipotesis secara parsial dimensi customer service, community, security dan site
design berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Berdasarkan
nilai koefisien determinasi e–marketing mix mampu menjelaskan proses keputusan
pembelian sebesar 71,2% sedangkan sisanya yaitu 28.8% dijelaskan oleh faktor lain
di luar model penelitian.
Saran dari penelitian ini yaitu Tiket.com lebih meningkatkan pada site
design sebagai alat untuk lebih meningkatkan tingkat pembelian dikarenakan, site
design memiliki pengaruh yang paling besar. Jika site design lebih ditingkatkan
maka akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap online travel agent
Tiket.com. Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan site design yaitu terus
melakukan pengembangan dan meningkatkan informasi mengenai pembaharuan
produk seperti adanya promo tiket pesawat terbaru, hotel-hotel yang belum tersedia
di Tiket.com.
Kata Kunci: E-Marketing Mix, Proses Keputusan Pembelian, Purposive Sampling