Learning Management System (LMS) CeLOE merupakan sarana atau platform untuk membantu merencanakan sistem pembelajaran, mengimplementasikan sebuah proses belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi berbasis internet sebagai media pembelajarannya. System pembelajaran Learning Management System (LMS) CeLOE yang menjadi implementasi proses ajar-mengajar mempunyai konten-konten yang digunakan sebagai aktivitas perkuliahan secara daring bagi setiap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis penelitian deskriptif yang dimana mendesksripsikan, pengumpulan dari sumber yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka, karena penerapan metode kualitatif lebih relevan dengan berisi kutipan-kutipan data yang memberikan validitas tentang apa yang sudah diteliti di dalamnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) CeLOE sangat berperan penting bagi informan atau mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan konten-konten yang ada didalam sistem pembelajaran E-Learning sebagai pemanfaatan media belajar secara online, memberikan pemanfaatan dari segi efektivitas waktu dan keleluasaan tenaga bagi setiap individu dalam berkegiatan di luar perkuliahan online.
Kata Kunci: Komunikasi, Pembelajaran, E-learning, Learning Management System, daring.