Objek wisata Pantai Widuri belum terekspos media promosi untuk mengenalkan
keindahan alam dan potensinya. Sehingga sangat perlu perancangan promosi
pariwisata Pantai Widuri Kabupaten Pemalang agar Pantai Widuri lebih dikenal
masyarakat luas. Dalam perancangan promosi ini digunakan strategi-strategi yang
tepat agar pesan yang disampaikan mengena target sasaran. Strategi yang digunakan
dalam perancangan ini adalah mengidentifikasi masalah, menetapkan target market
dan audience-nya, mencari keunggulan produk, menetapkan strategi kreatif,
merancang daya tarik pesan, merancang gaya dalam mengeksekusi pesan, memilih
media yang tepat serta penempatannya. Perancangan dilakukan dengan memilih
media-media yang efektif salah satunya media merchandising. Sedangkan media cetak
dipilih karena merupakan media yang terhitung murah dan mampu menyampaikan
informasi lebih lengkap serta dapat menampilkan gambar/ ilustrasi yang menarik, serta
mampu menjangkau target sasaran secara lebih luas. Untuk merchandising dipilih
sebagai proses remembering atau pengingatan kembali akan objek wisata Pantai
Widuri sehingga target sasaran akan mengingat terus pesan yang disampaikan.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Iklan, Pantai Widuri, Destinasi Wisata.