Pada penelitian ini terdapat fenomena mengenai posisi perusahaan yang kuat pada pasar, namun tingkat
persaingannya rendah dalam sector bisnis kaos kaki halal. Brand positioning adalah sesuatu tindakan yang
ditanamkan terhadap pemikiran calon konsumen, yakni menempatkan produk anda pada pikiran calon
konsumen, kemudian persepsi konsumen adalah proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan,
dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran berarti mengenai dunia. Sedangkan label halal
yaitu suatu penerapan tulisan halal pada kemasan prodk dalam rangka menunjukan jika produk tersebut halal.
Dalam produk yang dibuat oleh PT SOKA merupakan sebuah produk kaos kaki yang memiliki label halal,
dimana target utama pemasarannya ialah seorang muslim, dan di Indonesia adalah Negara dengan penduduk
muslim yang besar, sehingga PT SOKA memiliki target pasar yang luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Pengaruh Brand Positioning Halal Terhadap Persepsi Konsumen Produk Kaos Kaki Pt. Soka Cipta Niaga. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini ialah Ries & Trout (2002:17) mengenai brand positioning dan Kotler dan
[4] mengenai persepsi konsumen. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Informan dalam
penelitian ini adalah orang atau konsumen yang pernah melakukan pembelian produk kaos kaki halal yang
diproduksi oleh PT SOKA . Kesimpulan pada penelitian ini bahwa brand positioning halal berpengaruh
signifikan terhadap persepsi konsumen kaos kaki PT. Soka Cipta Niaga.
Kata Kunci: Brand positioning, Persepsi konsumen, Label halal