REPRESENTASI MASKULINITAS PADA PEREMPUAN DALAM IKLAN GOPAY “PEVITA DITEMBAK, JOTA BERTINDAK”

BANGKIT MAULANA ZIWAR

Informasi Dasar

181 kali
21.04.2401
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini menganalisis mengenai konsep maskulinitas pada perempuan pada iklan GOPAY “Pevita Ditembak, JoTa Bertindak” menggunakan teori semiotika John Fiske. Melalui pemikiran yang dikemukakan John Fiske, peneliti mencari representasi maskulinitas perempuan yang terkandung dalam iklan ini. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis dengan menggunakan pendekatan semiotika John Fiske yang memiliki 3 level pengamatan yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat dan karakteristik maskulinitas yang ada pada iklan sangat kuat berdasarkan dari hasil analisis pada level realitas yang menonjolkan karakter Pevita dibuat sebagai karakter yang memiliki kesan yang sangat kuat, Pada level representasi. perempuan yang ditampilkan justru mampu membawa nilai-nilai maskulin. Ia membentuk sebuah konsep baru terhadap eksistensi maskulinitas yang dapat mempengaruhi kepribadian serta perannya. Secara umum ideologi yang digunakan dalam iklan GOPAY "Pevita Ditembak JoTa Beraksi" adalah ideologi maskulinitas. Iklan ini meneguhkan bahwa penampilan maskulinitas juga bisa diperankan oleh perempuan dengan menawarkan pada tokoh perempuan yang ditampilkan secara maskulin,

Kata kunci: Maskulinitas, Representasi, Perempuan, Semiotika

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI MASKULINITAS PADA PEREMPUAN DALAM IKLAN GOPAY “PEVITA DITEMBAK, JOTA BERTINDAK”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BANGKIT MAULANA ZIWAR
Perorangan
HADI PURNAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini