Latar belakang buku proyek akhir dengan judul “Pustaka Rifqi: Aplikasi Pengelolaan Data dan Pemasaran Produk Buku Berbasis Android” ini yaitu masalah pengelolaan data yang diperlukan dalam sebuah unit usaha untuk membentuk suatu sistem yang efektif dan efisien bagi para pelaku bisnis termasuk tenaga kerja didalamnya, begitupula strategi pemasaran produk juga dibutuhkan agar dapat membangun merek dagang, mengetahui beragam produk yang dijual, serta kelebihan dari setiap produknya.
Rumusan masalah yang akan dibahas yaitu mengenai strategi pemasaran produk, cara penyajian produk, dan pengelolaan data produk dengan menggunakan metode penyelesaian masalah berupa tahap studi literatur, tahap pencarian dan pengumpulan data, tahap perancangan sistem, tahap implementasi, tahap pengujian dan analisis, tahap evaluasi dan perbaikan, tahap pengujian akhir, dan tahap pembuatan laporan.
Berdasarkan pemaparan diatas, maka dikembangkan sebuah aplikasi berbasis Android khusus untuk Toko Pustaka Rifqi mengenai pengelolaan data dan pemasaran produk untuk membantu pemasaran produk buku, memudahkan penyajian data, dan meringankan tugas tenaga kerja didalamnya.
Kata Kunci: pengelolaan data, pemasaran produk, katalog buku, Android.