Studi ini mengkaji tentang kendala yang menghambat proses belajar mengajar pengenalan buah-buahan pada TK Islam Tarbiyatul Banin. Tujuan studi ini adalah membangun aplikasi pembelajaran pengenalan buah-buahan menggunakan Augmented Reality berbasis android yang memilik beberapa fitur salah satunya adalah memvisualisasikan buah-buahan dalam objek 3D dan kuis tentang pengenalan buah-buahan. Pada penelitian ini dibuat media pembelajaran inovatif dan alternatif untuk mengenalkan buah-buahan kepada anak-anak dengan Augmented Reality. Augmented Reality pada prinsipnya adalah sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata kemudian memproyeksikannya. Media pembelajaran ini menggunakan kartu-kartu bergambar. Marker yang terdapat pada kartu-kartu bergambar akan ditangkap oleh kamera mobile device, diproses dan akan tampil animasi 3D buah-buahan pada layar handphone. Dengan menggunakan konsep penggabungan dunia nyata, gambar nyata pada kartu-kartu dan virtual, aplikasi dapat merangsang daya imajinasi dan rasa keingin tahuan pada anak dan motivasi belajar semakin berkembang. Animasi buah-buahan 3D dibuat menggunakan aplikasi 3D Blender dan proses Augmented Reality dibuat dengan menggunakan Unity dan library Vuforia SDK.
Kata kunci : Augmented Reality, metode MDLC, animasi 3D