PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KETERLIBATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Divisi Produksi PT. Inoac Polytechno Indonesia Plan Tangerang)

ALWI ARDIANSYAH

Informasi Dasar

21.04.2479
658.57
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sumber daya manusia memegang peranan yang tidak kalah pentingnya dengan sumber daya lainnya seperti sumber daya alam, sumber daya finansial, sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumber daya manusia dalam suatu organisasi harus menjadi perhatian utama dan tentunya kompetensinya juga harus dikembangkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu perusahaan multinasional yang membuka cabangnya di Indonesia yakni PT. Inoac Polytechno Indonesia (IPI) yang berpusat di Jepang. Menjadi perusahaan yang bersaing di era globalisasi tentunya tidak mudah, khususnya jika memiliki cabang di beda negara. Agar produk yang dihasilkan tetap berkualitas dan memenuhi standar, maka kinerja karyawan khususnya yang berada pada divisi produksi harus diperhatikan. Untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kinerja karyawan PT. Inoac Polytechno Indonesia (IPI) divisi produksi, penulis melakukan wawancara dengan HRD Supervisor PT. Inoac Polytechno Indonesia Plan Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui keterlibatan karyawan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada divisi produksi PT. Inoac Polytechno Indonesia Plan Tangerang dengan jumlah responden 173 karyawan. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS) tools SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan kerja secara keseluruhan termasuk kedalam kategori sangat baik sebesar 84,66%, disiplin kerja secara keseluruhan termasuk kedalam kategori baik sebesar 81,39%, keterlibatan karyawan secara keseluruhan termasuk kedalam kategori baik sebesar 80,44%, kinerja karyawan secara keseluruhan termasuk kedalam kategori baik sebesar 80,95%. Hasil analisis hipotesis diketahui bahwa: (1) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap keterlibatan karyawan namun tidak signifikan, (2) disiplin kerja berpengaruh positi dan signifikan terhadap keterlibatan karyawan, (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (5) keterlibatan karyawan berpengaruh positif dan signifkan terrhadap kinerja karyawan, (6) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui keterlibatan karyawan namun tidak signifikan, (7) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui keterlibatan karyawan. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Keterlibatan Karyawan, & Kinerja Karyawan.

Subjek

RESEARCH AND DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KETERLIBATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Divisi Produksi PT. Inoac Polytechno Indonesia Plan Tangerang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALWI ARDIANSYAH
Perorangan
Sherly Artadita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini